Tuesday 29 May 2018

Petualangan Kecil

00:27


Banyak di antara kita yang begitu mendambakan untuk terlibat dalam suatu petualangan. Tentu hal ini penting bagi kita agar bisa melarikan diri dari rutinitas keseharian kita yang semakin lama semakin membosankan. Namun tentunya untuk berpetualangan tidaklah mudah jika kita melihat perjalanan-perjalanan orang lain. Ada yang berpetualang ke negara antah berantah, ada yang ke tempat-tempat terpencil, ada juga yang melakukan petualangan ke tempat yang jauh. Tapi jangan khawatir, dalam kesulitan-kesulitan dan keterbatasan-keterbatasan yang kita miliki, kita masih bisa mencemplungkan diri kita dalam sebuah petualangan. Itulah yang dinamakan Petualangan Mini atau biasa dikenal sebagai Microadventures1.

Menurut Alastair Humphreys, Petualangan Mini merupakan sebuah bentuk petualangan yang pendek, sederhana, lokal, murah, namun tetap menyenangkan, mendebarkan, menantang, menyegarkan, dan juga memberikan nilai.

A microadventure is an adventure that is short, simple, local, cheap – yet still fun, exciting, challenging, refreshing and rewarding.
Ia melanjutkan bahwa dengan semakin meningkatnya populasi dunia dan semakin mendesak ke perkotaan, sibuk, dan terjebak di depan layar (komputer maupun smartphone), Petualangan Mini menawarkan jalan keluar yang realistis untuk melarikan diri ke alam liar, kesederhanaan, dan kegiatan alam yang menakjubkan. Hal menarik dari Petualangan Mini adalah ia bisa dilakukan oleh semua kalangan, meskipun bagi mereka yang tidak punya pengalaman alam terbuka sekalipun.

Jadi apa yang dimaksud dengan Petualangan Mini? Petualangan Mini (microadventure) adalah sebuah istilah untuk perjalanan pendek yang mengubah sudut pandang untuk berpetualan dekat dengan rumah. Mengajak teman-teman lain untuk mendirikan tenda di hutan-hutan dekat kota tempat kita tinggal, menjelajahi pinggiran kota untuk menikmati terang bulan, atau bahkan menyalakan api unggun bersama keluarga di halaman belakang2.

Konsep ini cukup fleksibel dalam pengertiannya sehingga memungkinkan orang-orang untuk bisa memilih lokasi, durasi, serta ruang lingkup dari keseluruhan petualangannya. Petualangan Mini umumnya dinilai terjangkau karena tidak memerlukan peralatan khusus, biaya perjalanan cukup ringan atau bisa juga tidak ada, juga tidak banyak aturan-aturan untuk kita bisa keluar jalan-jalan dalam sebuah petualangan. Seringkali bahkan peserta akan tidur di bawah bintang-bintang menggunakan sleeping bag saja. Kegiatan ini cukup populer untuk orang-orang yang hidupnya sibuk dengan pekerjaan dan / atau komitmen keluarga.

Berpetualang ke taman satwa yang dekat dengan kota tempat kita tinggal bisa menjadi petualangan mini yang bernilai.
Petualangan Kecil ke hutan kota bisa memberikan wawasan yang berbeda sekaligus menyegarkan pikiran.
Jika masih ragu, ayo obrolkan dengan teman-temanmu. Siapa tahu semangatnya bisa bersatu dan semakin kuat. Alangkah baiknya apabila kita bisa melakukan Petualangan Kecil ini di setiap akhir pekan. Menginap satu malam di alam terbuka akan menjadi pengalaman yang menyegarkan jiwa kita dan siap untuk beraktifitas rutin kembali di awal pekannya.

1 Humphreys, Alastair. Microadventures. 2014.
2 From Wikipedia, the free encyclopedia.

Posted by

Adrian Agoes, MM.Par a post graduate on Tourism Administration is now a lecturer at a tourism school in Bandung. His experiences are vary from being a tour leader visiting remote places in Indonesia, to being a travel photographer.

 

© 2013 Pemasaran Pariwisata. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top