Monday 30 April 2018

Tour Conductor, Tour Leader, Tour Manager, Tour Guide... Apa bedanya?

18:19


Profesi yang ada di dalam industri perjalanan wisata sebetulnya cukup beragam. Namun yang populer di kalangan masyarakat umumnya adalah Tour Leader. Selain itu, ternyata ada juga istilah-istilah lain yang serupa, yakni Tour Conductor, Tour Manager, dan bahkan Tour Guide. Lalu apa sih bedanya antara istilah-istilah profesi tersebut?

Tour Guide

Istilah ini biasa digunakan untuk seseorang yang memandu wisatawan di suatu kota. Ia biasa membawa wisatawan berkeliling kota dan mengunjungi tempat-tempat wisata atau daya tarik wisata yang ada di kota tersebut. Sementara di beberapa tempat wisata yang dikunjungi juga biasa tersedia layanan pemandu lokal atau dikenal dengan istilah Local Guide. Pemandu lokal ini yang akan menjelaskan lebih rinci mengenai tempat wisata yang dikunjungi.

Menurut definisi yang lainnya, pemandu wisata atau tour guide adalah seorang profesional yang dipekerjakan biasanya oleh perusahaan manajemen destinasi yang dikenal sebagai DMC, untuk menemani wisatawan di sekitar tempat-tempat wisata. Tugas mereka adalah untuk mengetahui dan menunjukkan berbagai hal. Selain itu mereka juga dituntut untuk mengetahui cukup banyak fakta menarik tentangnya. Seorang pemandu wisata dapat memandu pengunjung ke berbagai tempat daya tarik wisata mulai dari galeri atau museum ke taman binatang atau bahkan petualangan alam 1.

Tour Leader

Ketika membawa rombongan wisatawan mengunjungi destinasi yang berbeda-beda, atau berpindah-pindah kota, maka diperlukan seseorang untuk membimbing perjalanan dan mengatur perjalanan rombongan wisatawan tersebut. Profesi yang menjalankan peran itu biasa disebut sebagai Tour Leader. Saat Tour Leader membawa rombongan wisatawan melakukan perjalanan ke suatu destinasi, bisa saja di destinasi tersebut juga disediakan layanan pemandu wisata, atau si Tour Guide tadi (yang dijelaskan di atas). Dengan kata lain Tour Leader adalah orang yang menjaga kelompok wisatawan sepanjang perjalanan - dari awal hingga akhir. Di beberapa tempat bahkan Tour Leader tidak diperkenankan untuk memandu wisatawan seperti halnya Tour Guide 2. Jadi Tour Leader adalah orang yang mengelola pergerakan kelompok wisatawan selama tur multi-hari. Tour Leader ini haruslah mampu menyelesaikan masalah jauh sebelum anggota grup wisata menyadarinya 3.

Tour Conductor / Tour Manager

Lalu bagaimana dengan istilah Tour Conductor atau Tour Manager? Nah, sebetulnya istilah-istilah itu sama saja dengan Tour Leader. Namun di beberapa negara memang sebutannya berbeda. Jika di Indonesia dikenal dengan istilah Tour Leader, maka di Amerika Serikat dikenal sebagai Tour Conductor. Sedangkan di Inggris biasa disebut sebagai Tour Manager.

Demikianlah beberapa penjelasan singkat mengenai perbedaan istilah-istilah beberapa profesi dalam industri perjalanan wisata. Semoga bermanfaat.

1 Freelance Tour Guide (A Guide For Tour Guides)
2 Klawska, Forum Word Reference
3 Gregory MD., Forum Word Reference

Posted by

Adrian Agoes, MM.Par a post graduate on Tourism Administration is now a lecturer at a tourism school in Bandung. His experiences are vary from being a tour leader visiting remote places in Indonesia, to being a travel photographer.

 

© 2013 Pemasaran Pariwisata. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top