Thursday 24 July 2014

7 Sumber Gratis Foto-foto Hipster yang Tidak Mainstream

09:30


Untuk melengkapi tulisan-tulisan saya, saya biasanya ingin menghiasinya dengan ilustrasi foto-foto yang menarik. Jalan pintas yang dianggap paling mudah adalah dengan mencarinya menggunakan Google, kemudian cari di bagian image-nya. Namun saya senantiasa menemukan foto-foto yang secara kaidah visual kurang menarik. Kemudian saat menemukan foto yang kaidah visualnya cukup memadai, eh, gayanya biasanya standar-standar saja, alias mainstream banget. Selain itu mencari foto-foto di Google image selalu terbentur masalah lisensi alias tidak legal.

Setelah mencari-cari di blog-blog orang lain, saya mendapat rekomendasi yang cukup banyak hingga ada 50-an lebih situs web yang menawarkan foto-foto gratis untuk kita gunakan dalam desain atau tulisan-tulisan kita secara bebas dan legal. Namun ada tujuh situs yang menarik perhatian saya yang menurut saya menawarkan foto-foto yang tidak mainstream alias bergaya hipster.

Ini dia:

Situs ini menawarkan foto-foto resolusi tinggi secara gratis yang bisa kita gunakan untuk keperluan pribadi maupun proyek-proyek komersial. Tinggal klik foto untuk mendownloadnya. Foto-foto baru ditambahkan setiap minggunya.



2. Pexels
Semua foto di Pexels ada di bawah lisensi Creative Commons Zero (CC0) license. Artinya kita bisa meng-copy, memodifikasi, mendistribusikan dan berkarya menggunakan foto-foto ini. Semuanya gratis untuk keperluan pribadi dan komersial. Kita tidak perlu meminta izin maupun mentautkan link ke sumbernya.

Saat ini ada lebih dari 900 foto dan akan ditambahkan 30 foto setiap minggunya.



3. Unsplash

Semua foto juga ada di bawah lisensi Creative Commons Zero (CC0) license. Akan ditambahkan 10 foto setiap 10 hari. Foto-fotonya sangat bernuansa art dengan tema-tema dan komposisi yang berbeda dari stock foto pada umumnya.



Sebetulnya ini merupakan situs penyedia jasa web design menggunakan html. Namun ia juga menyediakan kita foto-foto keren secara gratis.



Di sini kita bisa mendapatkan foto-foto pemandangan yang indah dengan resolusi tinggi. Lumayan untuk alternatif stok-stok foto tentang pemandangan yang tidak standar.



Kita bisa setuju atau tidak dengan pernyataan mereka ini. Tapi yang jelas dengan tersedianya foto-foto gratis yang keren, mungkin kita tidak lagi perlu membeli stok foto. Meski demikian situs ini juga menawarkan layanan premium berbayar.



Terakhir saya merekomendasikan situs foto ini. Ini lebih mirip pada bayangan kita akan situs stok foto yang umum. Foto-fotonya pun memiliki gaya yang standar. Tapi setidaknya kualitas komposisi dan sisi ceritanya tidak norak seperti kebanyakan stok foto.


Itulah situs-situs yang saya senangi untuk mencari foto-foto untuk dijadikan ilustrasi pada tulisan-tulisan di blog saya ini. Kembali lagi pada masalah selera sih. Mungkin kamu lebih suka gaya foto yang lain. Paling tidak sekarang alternatif untuk mendapatkan gaya-gaya foto yang tidak mainstream lebih terbuka.

Posted by

Adrian Agoes, MM.Par a post graduate on Tourism Administration is now a lecturer at a tourism school in Bandung. His experiences are vary from being a tour leader visiting remote places in Indonesia, to being a travel photographer.

 

© 2013 Pemasaran Pariwisata. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top