Wednesday 20 December 2017

Praktikum Lapangan Yogyakarta-Merapi

15:32



Dalam Program Studi Usaha Perjalanan Wisata, para mahasiswa Semester 3 dan 4 mulai ditugaskan untuk bisa menyelenggarakan paket perjalanan wisata sendiri. Untuk itu di tahun ini, para mahasiswa Semester 3 ditugaskan untuk mulai mencobanya. Kali ini mereka mencoba membuat paket perjalanan wisata ke Yogyakarta dan Merapi.

Pada awalnya para mahasiswa Semester 3 ini dibagi menjadi dua kelompok. Setiap kelompok ditugaskan merancang itinerary untuk tour ke Yogyakarta ini. Itinerary yang dirancang dibuat dengan bebas sesuai kesepakatan setiap kelompoknya masing-masing. Pada akhirnya setelah dilakukan penilaian, maka ditetapkan bahwa kedua kelompok ini akhirnya digabung. Sedangkan program itinerary-nya juga merupakan kombinasi dari kedua kelompok tersebut. Berikut adalah rancangan itinerary yang akhirnya disepakati:

Hari Pertama
  • Malam hari kumpul di Kampus STIEPAR, kemudian berangkat menuju Yogyakarta
Hari Kedua
  • Pagi hari tiba di Yogyakarta dan sarapan di RM Soto Kadipiro. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Hutan Pinus Mangunan dan Seribu Batu. Setelah itu tujuan berikutnya adalah Makan Siang di Bukit Bintang. Selepas makan siang, rombongan diajak berkunjung ke Bukit Breksi. Kemudian dari sana dilanjut ke kompleks Keraton Ratu Boko. Makan malam di restoran Ratu Boko, lalu menuju ke penginapan.
Hari Ketiga
  • Pagi hari setelah sarapan langsung menuju ke area base camp MJTC. Di sana dimulai petualangan kecil menyusuri kaki-kaki Gunung Merapi dengan menggunakan jeep. Selesai mengeksplorasi sisa-sisa lava Merapi dengan jeep, kemudian makan siang. Kemudian mengunjungi Museum Ullen Sentalu untuk mempelajari kebudayaan Jawa dan sejarah kerajaan Mataram di Yogyakarta dan Solo. Kembali ke Bandung dan mampir sebentar di beberapa pusat oleh-oleh yang dilewati.
Hari Keempat
  • Pagi hari tiba kembali di Bandung.




Posted by

Adrian Agoes, MM.Par a post graduate on Tourism Administration is now a lecturer at a tourism school in Bandung. His experiences are vary from being a tour leader visiting remote places in Indonesia, to being a travel photographer.

 

© 2013 Pemasaran Pariwisata. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top